One more show, one last time. We are ready!

Thursday, September 20, 2007

your world, my world, OUR WORLD!


sebenernya gue mau ngepublikasiin ini udah lama, tapi nggak sempet2. yaudah, akhirnya sekarang aja gue sebarkan di sini.

lo juga udah pasti tau, bumi kita ini lagi mengalami global warming, di mana suhu bumi naik yang berarti kutub mencair, and polar bears are dying karena mereka kepanasan di sana. nggak cuman buat polar bears, buat kita global warming juga merugikan! cuaca yang nggak beres, siang teriiiikk banget dan ujan nggak bisa ditebak, juga salah satu akibat dari global warming.

so.. yang mau gue kasitau ke elo di sini adalah..

save our mother earth

caranya gimana?

gue bakal ngasih lo beberapa cara supaya global warming nggak makin parah.
cara yang kita bisa lakukan, kalo kita mau, dan kalo kita peduli.

yang paaaling gampang dan nggak butuh pengorbanan ato energi apa2, habisin makanan yang lo makan. kalo di resto, jangan sok2an pesen banyak2, akhirnya mubazir, dosa, jadi sampah juga kan tu makanan.

kurangi pemakaian alat2 elektronik, terutama ac. mungkin ac di rumah lo nyala terus walopun lo nya ngga ada, coba deh matiin, dan nyalain kalo lo lagi bener2 kepanasan aja. karena pembakaran freon AC mengendap di lapisan ozon dan membuat sinar matahari dari bumi susah kembali ke angkasa.

kurangi juga pemakaian kertas. kalo yang tadi fotokopi ato bikin makalah satu lembar kertas hanya dipakai satu sisi, kita manfaatin juga sisi yang satu lagi, maksudnya bolak balik ngeprintnya.

kurangi pemakaian parfum. haha, kalo yang ini sih jujur aja, gue nggak mengurangi pemakaian parfum gue. sebelom masuk kampus, setiap mau pergi, selalu aja semprot2. tapi sebenernya ngaruh loh, zat2 yang ada di parfum juga bisa mengendap di lapisan ozon. jangan semprot kebanyakan aja ;)

trus kalo ke supermarket, kurangi meminta kantong plastik berlebihan. yaa kalo blanjaannya banyak sih nggak papa. cuman, misalnya elo cuman beli biskuit, ato rokok sebungkus, yang sebenrnya masuk kantong celana ato tas juga bisa, ya nggak usah minta plastik. masukin aja dalem tas langsung. ato beberapa item yang muat masuk tas mah masukin aja. tapii simpen struknya, biar nggak disangka nyolong ;p

kurangi menerima brosur dari mbak2 ato mas2 (kebanyakan) di mall. karena kebanyakan dari kita, ngambil brosur, liat2 bentar, ketemu tong sampah juga dibuang. daripada semakin menumpuk sampah di dunia ini, mending jangan diterima. kalo mau tau isinya apa, liat aja sebentar, trus kembaliin lagi deh.

truuuuss.. please. jangan buang sampah sembarangan. sayangin bumi kita, negri kita, kota kita, ato paling nggak, sayangin kompleks perumahan kita deh! please. sampah2 permen segala macem, apalagi kalo lagi di mobil dan di sana nggak ada tong sampah, simpen aja dulu, sampe rumah baru dibuang di tempat sampah. nggak susah kan?

dan yang terakhir, sosialisasikan ini ke orang lain. supaya mereka aware dengan lingkungannya, dan tau, tindakan2 apa aja yang termasuk kategori merusak lingkungan dan menyebabkan global warming semakin parah.

yahh. semoga aja berguna. walopun tips2 di atas lo pasti udah sering banget denger. ya di majalah, radio mungkin, website, ato blog orang lain mungkin juga. mungkin ada yang melakukan, ada juga yang cuek. tapi kalo lo lakuin paling nggak 2 aja diantara mereka, lo udah termasuk salah satu penyelamat bumi :)

makasih atas perhatian dan kerjasamanya.

love our earth! kalo bukan kita yang nolongin bumi ini, siapa lagi?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home